Kingdom Hearts - Help Select
Subscribe:

Senin, 15 Agustus 2011

Dosa Itu Apa Sich.....???

Spesial buat saya sendiri

Maaf, sorry, afwan katsiir, asiif jiddan atau apalah……… dah lama tidak menjumpai Saudara/i yg tetap tegar di jalan dakwah. Soalnya sibuk ngrancang pabrik Solar Cells. Mhn do’anya ya……! Apa kabar dakwah hari ini? Masih istiqomah kan? Alhamdulillah, semoga kita semua senantiasa dalam Rahmat dan RidhoNya, aamiiin…..
Mungkin Saudara/i kali ini bisa membantu ’saya yg masih belum sadar kalo banyak dosa’

Pernahkah Anda mendengar sebuah pertanyaan yang menantang “Apa itu dosa”??? Mungkin Anda kembali bertanya emang ada yang unik? Memang udah gak asing lagi kata ‘dosa’ di telinga saya. Saya selalu ingat nasihat-nasihat orang tuaku, jangan begini…..jangan begitu…… jangan ini….jangan itu…. karena itu semua dosa.

Kembali ke permasalahan, Apa itu dosa? Membunuh??? Mencuri……??? Judi??? Mabuk??? Main perempuan??? Ato apa lagi….

Yach memang semua itu perbuatan-perbuatan dosa yang gak boleh saya lakuin. Saya sangat ngerti dan paham. Tapi apakah ‘dosa’ cuman yang gitu-gituan aja?? Berarti aman donk saya yang gak pernah mencuri, membunuh, judi, mabuk, zina dll. Betulkah itu??? Apa bisa dikatakan saya gak punya dosa?

Rasul bersabda; “Kebajikan adalah akhlaq yang baik sedangkan dosa adalah segala sesuatu yang menggelisahkan jiwa dan engkau tidak suka jika orang lain mengetahuinya” (HR Muslim) Apa aja….., mulai dari yang paling kecil ampe yang besar. Bertanyalah pada hatimu sendiri setiap melakukan perbuatan, pasti hatimu akan tau mana dosa dan mana kebajikan. Jadi berapa banyak dosa yang saya lakuin tiap jam, tiap hari, tiap minggu, tiap bulan, tiap tahun atau bahkan sepanjang usia saya (dah 25 tahun kurang dikit)???? Tentunya banyak sekali….

Mari kita mengingat kembali pelajaran berhitung, waktu kita masih SD. Kalau saya asumsikan tiap jam saya punya dosa 1, maka dalam sehari semalam saya punya dosa 24. Dalam seminggu 168 dosa, Dalam satu bulan=720 dosa, dalam satu tahun=8760 dosa. Jadi sepanjang usia saya punya dosa sebanyak 8760 x 25 = 219.000. Itu kalau dalam satu jam saya cuman punya dosa 1 kalau 5, 10, 15, 20, 100 atau bahkan lebih, udah berapa banyak dosa saya selama ini? Astaghfirullah, lalu apa yang bisa saya banggakan dengan diri yang penuh dosa ini.????
Tolong katakan padaku;
“Apakakah kamu masih berani bangga diri?”
“Sombong,”
“Angkuh,”
“Takabur,”
“Merasa ‘alim,”
“Merasa suci,”
“Merasa paling…..,”
Yach memang saya harus sadar sesadar-sadarnya, bahwa diri ini banyak dosa. Wahai saudara/i berilah diri ini nasihat, beri diri ini motivasi tuk bertaubat, beri diri ini bimbingan tuk melantunkan istighfar setiap saat.
Katakan pada diri ini, “Rasulullah saja yg maksum (gak punya dosa), tiap hari Beliau senantiasa mengucap istighfar tidak kurang 100 kali.
Trus kamu yg banyak dosa dan maksiat, berapa kali kamu beristighfar?? Sudahkah bibir kamu selalu basah mengucap Astaghfirullah?

Tapi saya agak sedikit punya harapan, kata Ustadz saya Allah itu Maha Pengampun, Maha Penyayang dan Maha penerima tobat. “Sebesar apapun dosa kamu jika kamu mau bertobat, insyaAlllah akan diampuni dan kamu menjadi sosok yang benar-benar bersih”.

Allah berfirman dalam hadis qudsi; “wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu semua selalu berbuat dosa siang dan malam. Sedangkan Aku mengampuni semua dosa, maka mintalah ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu ” (HR.Muslim)

Saya sangat yakin hal itu,,,, Saya pun teringat nasihat-nasihat Ustadz dalam pengajian, ta’lim, halaqoh dsb. Manusia yang terbaik bukanlah manusia yang tak punya dosa, tetapi manusia terbaik adalah bila ia punya dosa segera ia bertobat, beristighfar mohon ampun kepadaNya dengan tidak mengulangi lagi perbuatan dosa itu. “Setiap anak adam punya dosa dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang kembali bertaubat”

Yuk tobat,
yuk istighfar,
yuk kembali kepadaNya,

Astaghfirullah
Astaghfirullah
Astaghfirullah
……
Astaghfirullahal ‘azhiim
Astaghfirullahal ‘azhiim
Astaghfirullahal ‘azhiim
…….
Astaghfirullahal ‘azhiim alladzi laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atuubu ilaihi
…….
Allahumma anta robbiy Laa ilaha illa anta,
kholaqtaniy
wa ana ‘abduka
wa ana ‘ala ahdika
wa wa’dika maan statho’tu
a’udzubika min syarri ma shona’tu
Abu u laka bini’matika alayya
wa abu u bidzanbiy
Faghfirliy
Fa innahu laa yaghfiru dzunuba illa anta

Saudara/i
Mohon diingatkan kalau ada
tulisan yang salah,
kurang tepat,
dan menyinggung perasaan
Selamat berjuang
Allahu akbar
….
Dari Saudaramu
yg senantiasa rindu
cinta kasihNya

0 komentar:

Posting Komentar